www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Safari Ramadhan Ke Piantus

E-mail Cetak PDF
*** Semangat Beribadah, Dukung Pembangunan
bersama muslim parit cegat piantus
Pesan Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc, pada saat bersafari Ramadhan di Masjid Hidayatullah Dusun Parit Cegat Desa Piantus Kec Sejangkung, Senin Malam (5/6), Umat Muslim harus berpartisipasi aktif mendukung pembangunan daerah. Kata dia, dengan semangat menjalankan rangkaian ibadah dibulan Ramadhan, bagian dari dukungan pembangunan terutama aspek religius.

"Sebagai muslim, kita harus bersemangat untuk beribadah di bulan suci ramadhan, harus kita hadirkan rasa suka, semangat, kebahagiaan beribadah di bulan puasa ini," terang dia. Dijelaskan dia, hal itu diperlukan karena Ramadhan adalah bulan yang dimuliakan. Diingatkan Atbah, kebaikan yang dilakukan di Ramadhan bernilai ganda.

"Kita harus berlomba-lomba melakukan kebaikan di bulan ini, berlomba-lomba untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas beribadah kita, karena insya Allah, janji Allah terhadap setiap kebaikan yang dilakukan di Bulan Puasa berlipat ganda mulai dari 10 kali lipat hingga 700 kali lipat, Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang," tuturnya.

Dengan kehadiran Ramadhan, tegas Bupati, rasa persaudaraan atau tali silaturahmi harus semakin dieratkan. Dengan menghadirkan rasa tertib, rasa aman, dan lingkungan yang nyaman, disebutkan Atbah, menghadirkan suasana islami yang sejuk, dan itu lanjutnya adalah bagian dari partisipasi masyarakat terhadap pembangunan. "Ramadhan, jangan lagi ada benci, dendam, jangan saling bermusuhan dengan tetangga, bulan puasa ini momentum untuk kita saling memaafkan, menjaga hubungan yang baik sesama muslim dan antar umat beragama," tegas Bupati.

Atbah meminta masyarakat turut mendoakan pembangunan di Kab Sambas berlangsung lancar. Masyarakat diajak Bupati untuk melakukan control atas hasil pembangunan yang dilakukan kontraktor maupun pemerintah daerah. "Mari kita sama-sama kawal hasil pembangunan, terutama bangunan fisik, kita kawal agar kualitasnya bagus sesuai harapan. Tetapi tetap dengan pengawasan atau cara yang santun. Kita tidak ingin apa yang dibangun tidak bermanfaat bagi masyarakat, kualitasnya cepat rusak," ingat Atbah.

Safari Ramadhan Bupati ke Desa Piantus didampingi Perwakilan Badan Kepegawaian dan Pembinaan SDM, Bagian Kesra Kab Sambas, Bagian Humas dan Protokol, dan Perwakilan Dinas Kumindag Sambas. Camat Sejangkung H Bakhtiar beserta Ketua PKK Kec Sejangkung dan Kepala Puskesmas Sejangkung menyambut langsung kedatangan Bupati Sambas dan rombongan. Tausyah Ramadhan disampaikan H Syukur.

Dia mengajak seluruh umat muslim untuk senantiasa banyak bersyukur. Hasil pembangunan yang dikerjakan Pemerintah dan Pemerintah Daerah, sebut dia juga harus disyukuri. Insya Allah muslim yang pandai bersyukur, terang dia adalah sebagian tanda muslim yang bertaqwa. "Taqwa itu melakukan perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya. Pertanyaannya, apakah kita sudah melaksanakan itu?," tanya dia.

Diungkapkan Syukur, Indonesia, negeri dengan mayoritas penduduk Muslim ternyata bukanlah negeri yang islami. Ada kajian independent disebutkan dia, Indonesia berada diurutan 140 dari 200 negara yang diteliti. Penyebabnya kata dia adalah banyak mayoritas muslim tidak menerapkan apa yang diperintahkan Allah dan Rasul-Nya. "Kita tahu Kebersihan adalah sebagian dari Iman, tetapi masih banyak dari kita masih belum memiliki kesadaran pentingnya kebersihan diri dan lingkungan," sebut Syukur.

Untuk penerapan teladan atau yang disunahkan Rasulullah, jelas Syukur dapat dimulai dari hal-hal yang sederhana. Satu diantaranya masalah kebersihan, menjaga hubungan baik dengan tetangga dan tetap memperhatikan ibadah wajib. "Ramadhan kali ini harus kita jadikan momentum lagi merubah sikap mental kita, kita laksanakan apa yang telah disyariatkan Quran dan Hadist. Kita makmurkan masjid. Karena bukti seseorang beriman satu diantaranya adalah yang mau memakmurkan masjid," ingat dia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 54 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: