Pemerintah Kabupaten Sambas melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sambas menggelar PUSPAGA (Pusat Pembelajaran Keluarga) di Kecamatan Teluk Keramat, tepatnya Di Desa Sungai Kumpai, Selasa 30 Mei 2023.

Acara yang berlangsung di Kantor Desa Sungai Kumpai ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi, SIP. M.HSc , adapun kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pencegahan stunting dan peningkatan pemberdayaan perempuan di Kabupaten Sambas.

Turut menghadiri Kabid Pemberdayaan Perempuan Dinas P3AP2KB, Sekcam Teluk Keramat, Kapolsek Teluk Keramat, Koramil, Kepala Desa Sungai Kumpai beserta Perangkatnya, Serta tokoh agama, tokoh masyarakat Desa Sungai Kumpai.

PUSPAGA di Desa Sungai Kumpai ini menyasar 40 Keluarga yang terdiri dari ibu dari anak stunting, ibu menyusui, calon pengantin, bumil serta KPM dan PKH.

Kabid Pemberdayaan Perempuan, Dinas P3AP2KB Nisa Azwarita, SE, M.AP mengatakan bahwa tujuan dari PUSPAGA tahun 2023 ini dalam rangka pecegahan stunting.

Nisa menambahkan PUSPAGA di Desa Sungai Kumpai ini merupakan lokasi ketiga dan akan berlangsung selama 3 bulan, dengan satu kali pertemuan di setiap minggunya.

Nisa mengharapkan agar para peserta PUSPAGA dalam mengikuti kelas dengan sungguh-sungguh serta bisa menyebarkan ilmu yang telah di dapatkan kepada ibu-ibu lainnya.

Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi menyambut baik PUSPAGA (Pusat Pembelajaran Keluarga) yang dilaksanakan di Desa Sungai Kumpai ini dalam rangka penurunan stunting, yang mana Desa ini termasuk stunting tertinggi di Kabupaten Sambas.

“Alhamdulillah hari ini kita meluncurkan PUSPAGA (Pusat Pembelajaran Keluarga) di Desa Sungai Kumpai. Puspaga ini dalam rangka penurunan angka stunting dan Desa Sungai Kumpai ini termasuk angka stunting tertinggi di Kabupaten Sambas. Meskipun di tahun lalu angka stunting di Desa Sungai Kumpai menurun, tapi itu belum cukup dan harus kita turunkan lagi pada tahun ini”, ujar wakil Bupati Sambas.

Rofi mengharapkan dengan adanya PUSPAGA ini bisa menurunkan kasus stunting di Desa Sungai Kumpai dan Kabupaten Sambas pada umumnya. Serta mengharapkan agar para peserta dapat mengikuti semua materi yang disampaikan dan bisa mengajarkan informasi yang didapatkan kepada masyarakat lainnya.

“Harapan saya melalui PUSPAGA ini, dapat melakukan pembinaan di level keluarga,  sehingga bisa menurunkan angka stunting di Desa Sungai Kumpai dan Kabupaten Sambas pada umumnya. Kepada Ibu-ibu yang mengikuti PUSPAGA, Ikuti semua materi yang disampaikan dengan baik, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan bisa menyebarkan materi yang telah disampaikan ke masyarakat lainnya”, harap Rofi.