Bupati Sambas, H. Satono. S.Sos,I M.H membuka Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XX di Desa Semelagi Besar, Kecamatan Selakau, Kabupaten Sambas, Selasa (30/5/2023).

BBGRM kali ini bertemakan ‘Dengan BBGRM ke XX, Kita Wujudkan Ketahanan Pangan, Keluarga Berkualitas, Desa Tangguh Tanpa Kemiskinan dan Bebas Stunting untuk Sambas Berkemajuan’.

Dalam Acara tersebut juga disuguhkan berbagai produk unggulan Desa di Kecamatan Selakau dalam mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati Sambas melalui program unggulan One Village One product (OVOP).

Turut hadir dalam kegiatan ini, Anggota DPRD Sambas, seluruh OPD di lingkungkan Pemerintah Kabupaten Sambas, Camat se-Kabupaten Sambas, seluruh Kepala Desa di Kecamatan Selakau, PKK Se-kecamatan Selakau, serta tamu undangan lainnya.

Bupati Satono mengatakan peringatan BBGRM digelar dengan melaksanakan berbagai kegiatan. Mulai dari pertanian hingga kesehatan. Kemudian melibatkan pengurus PKK untuk melakukan pameran produk unggulan dari setiap desa yang ada di Kecamatan Selakau.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Dinsos PMD yang telah menginisiasi kegitan ini bersama Kecamatan Selakau, Kegiatan ini melibatkan seluruh elemen dan lapisan masyarakat. Seperti ibu-ibu PKK, pemeritah desa, kecamatan dan anak-anak muda. Ibu PKK juga akan memamerkan produk unggulannya di setiap desa,” katanya.

Bupati Satono mengatakan, gotong-royong adalah budaya masyarakat Kabupaten Sambas. Lewat BBGRM, budaya yang baik tersebut harus dilestarikan agar tetap tumbuh.

“Memang Bulan Bakti Gotong Royong ini sangat perlu dilakukan dan menjadi agenda rutin pertahunnya. Karena bisa menumbuhkembangkan nilai gotong royong dan kebersamaan,” pungkasnya.

Tidak lupa, Bupati memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang menyukseskan acara tersebut. Dia berharap dengan ditingkatkannya gotong-royong dapat memperkuat Kabupaten Sambas, terutama dalam meningkatkan ketahanan pangan.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini terus kita galakkan agar Kabupaten Sambas kedepannya pangannya semakin kuat, semakin mandiri, sehingga ketahanan pangan di Kabupaten Sambas semakin kuat. Saya ucapkan seluruh yang berpartisipasi, kepala dinas, dan seluruh kepala desa, dan ibu-ibu PKK,” ungkap Satono.

Kegiatan ditandai dengan pemukulan gong sebagai tanda secara resmi acara telah dibuka, sekaligus penyerahan batuan alat gotong-royong kepada masyarakat Desa Semelagi Besar dan dilanjutkan dengan pembagian hadiah bagi pemenang lomba paparan dan gelar produk unggulan desa di Kecamatan Selakau.

Serta diakhir acara Bupati Sambas bersama tamu undangan melakukan penanaman pohon pinang disaksikan Kapolsek Selakau, Koramil dan masyarakat Kecamatan Selakau.