www.sambas.go.id

Bela Terpikat Terigas

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Sistem Informasi RUPLPSE-Kab-sambasSMS-Gateway-pendek

17-aGUSTUS-2014pendaftaran-cpns

Peran Sekdes Kelola Desa

E-mail Cetak PDF

Dalam pengelolaan Roda Pemerintahan Desa, tidak terlepas dari Peranan Sekretaris Desa. Terselenggaranya roda pemerintahan desa dengan baik tidak terlepas dari faktor penunjang yaitu tata pamong atau tata kelola suatu sistem yang dapat menjamin terselenggaranya segala aktifitas pemerintahan. “Karena maju mundurnya pemerintahan desa dipengaruhi oleh sistem tata kelola administrasi yang dijalankan oleh pimpinan sekretariat perangkat desa yakni Sekertaris Desa,” ujar Wabup DR Pabali Musa Mag dihadapan para sekdes di Gedung Diklat Sambas, Senin (20/5).

Dia mengatakan dengan tersedianya perangkat desa yang mempunyai keterampilan dan pengetahuan yang baik dalam organisasi desa dapat menyelenggarakan roda pemerintahan desa dengan baik dan lancar pula. “Disinilah keberadaan seorang Sekretaris Desa akan menjadi sangat penting dan sebagai penyelenggaraan urusan pemerintahan desa harus mampu mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat,”ucap Wabup dalam sambutannya saat membuka acara pendidikan dan pelatihan peningkatan kompetensi Sekretaris Desa  di Aula Diklat BKD Kab Sambas.

Wabup mengatakan pendidikan dan latihan peningkatan kompetensi Sekretaris Desa ini mempunyai beberapa tujuan dan sasaran. Diantaranya peningkatan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk melaksanakan tugas jabatan secara profesional. “Kegiatan ini juga untuk menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai agen pembaharuan dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa,” papar Wabup.

Pabali Musa mengharapkan para Sekdes mengikuti dengan seksama pelatihan tersebut. Dijelaskan dia, diklat ini sangat penting diberikan karena  setiap Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil(PNS) wajib mengikuti Latihan Prajabatan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999. “Kedudukan dan status saudara-saudara sekarang  ini berbeda dengan perangkat lainnya, Sekteraris Desa adalah Pegawai Negeri Sipil dimana keberadaan PNS selain sebagai abdi negara juga abdi masyarakat yang artinya setiap gerak langkah dan perbuatannya menjadi panutan dan cerminan masyarakat,” tegas Wabup.

Oleh sebab itu lanjut Wabup, dia berharap seluruh peserta diklat dapat mengikuti diklat kompentensi sekertaris desa ini dengan sungguh-sungguh, dapat menjalin hubungan kerja yang baik serasi dan harmonis diantara perangkat desa serta dapat bekerja dengan tekad dan niat yang ikhlas. “Saya harap agar para peserta dapat mengikuti diklat yang dilaksanakan mulai hari ini hingga beberapa hari kedepan dengan baik, gali informasi sebanyak-banyaknya  dari narasumber yang ada serta bersama-sama berdiskusi dan memecahkan permasalahan yang ada sebab tugas mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat desa merupakan amanah,”ucapnya.

Simple MP3 Player

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil
You are here: