www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Pendekatan-pendekatan Cegah Karhutla

E-mail Cetak PDF
pantau pasukanBupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc mengajak seluruh Komponen masyarakat memberikan perhatian pada masalah kebakaran hutan dan lahan. Atbah menyebutkan, upaya penanggulangan karhutla dilakukan dengan beberapa pendekatan. Pendekatan Preemtif antara lain dengan pemetaan titik panas atau hot spot, deteksi dini, menggiatkan himbauan, sosialisasi untuk semua pihak. “Lakukan kegiatan koordinasi dengan instransi lain, berdayakan peran bhabinkamtibmas, berdayakan tokoh masyarakat, agama,” ujar dia pada Apel Kesiapsiagaan  operasi bina karuna kapuas 2018 dihalaman kantor bupati sambas, kamis (12/4).

Pemerintah daerah, lanjut dia, akan berupaya sesuai tugas pokok dan fungsi yang dimiliki. Upaya lain lanjut dia dilakukan dengan pendekatan preventif. Pendekatan ini jelasnya dengan melakukan beberapa hal. “Upaya preventif yakni melakukan patrol bersama, patrol udara, mendatangi TKP hingga melakukan pemadaman bersama-sama,” sebutnya.

Yang terpenting menurut Bupati, bagaimana melibatkan masyarakat dan perusahaan guna mengantisipasi kebakaran. Upaya Penegakkan Hukum disebutkan Bupati seperti mendatangi TKP, melakukan kegiatan lidik, sidik, saksi ahli dan gelar perkara. Termasuk penyerahan berkas, barang bukti dan tersangka ke jaksa penuntut umum.

“Yang menjadi perhatian dalam operasi ini adalah masyarakat yang melakukan kegiatan perkebunan, pertanian dan persawahan, masyarakat atau perusahaan yang melakukan kegiatan yang berkaitan dengan membuka hutan dan lahan dengan cara membakar,” papar dia. Selain itu ditambah masyarakat yang melakukan pembakaran lahan dengan mengatasnamakan tradisi atau adat.

Yang menurut Bupati penting juga adalah pemberdayaan petugas patrol desa. Caranya dengan menggiatkan patroli dititik hot spot. “Jika menemukan api, segera padamkan. Perlu dilaksanakan patrol terpadu TNI, Polri, Manggala Agni dan masyarakat peduli api. Lakukan pemetaan desa-desa yang berpotentsi terjadinya karhutla,” pesan dia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 37 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: