www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Bupati Himbau Setor Zakat Ke Baznas

E-mail Cetak PDF
baznasBupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili lc, mengajak seluruh komponen ummat muslim membayar zakat ke Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sambas. Kata dia, Baznas adalah lembaga yang penting dalam rangka memperkuat ekonomi ummat. Pada kegiatan Baznas Kabupaten di Aula Kantor Bupati Sambas, Kamis (24/5), Atbah mengatakan dengan membayar zakat ke Baznas, tidak perlu repot-repot mencari mustahiq atau golongan yang berhak menerima zakat.

“Insya Allah kita tidak perlu susah dalam mencari muzakki ataupun mustahiqnya, tinggal serahkan ke Baznas, mereka yang akan mencarikannya untuk kita,” tutur dia. Mencari sendiri terutama golongan mustahiq, menurut Atbah cukup merepotkan. Agar Baznas menjadi rujukan utama tempat penyetoran Zakat, Bupati menyarankan dilakukan kegiatan sosialisasi secara masif.

“Hanya saja, Baznas harus menjadikan lembaga ini penuh dengan kredibilitas yang baik, harus jadi lembaga yang jujur dan amanah,” tegas dia. Kejujuran dan keamanahan ini diterangkan Bupati penting. Sebut dia, itu dikarenakan Baznas adalah lembaga sosial.

“Jika tidak ada kejujuran dan amanah, akan susah. Karena kita berbicara kepercayaan atau trust. Dan kepercayaan ummat itu penting,” imbuhnya. Oleh sebab itu, disarankan Atbah pengelolaan dana ummat yang ada di Baznas harus dikelola secara profesional. Bupati mengingatkan jangan main-main dengan dana ummat itu.

“Baznas harus mampu menyelenggarakan manajerial yang baik, komunnikasi, dan terus memperbaiki cara. Bagaimana kedepannya ada kesadaran seluruh komponen ummat untuk menyetorkan dana zakatnya ke Baznas,” saran dia. Atbah yakin, jika baznas Kab Sambas diisi oleh orang-orang yang punya kapasitas, kapabilitas yang penuh dengan kejujuran dan amanah. Bahkan dia optimis, Baznas Kab Sambas mampu membangun kepercayaan ummat yang ada di Kab Sambas.

“Insya Allah sebagai bentuk keteladanan pimpinan dalam membayar zakat ke Baznas, saya akan perintahkan seluruh pimpinan OPD menyetor zakatnya ke Baznas. Dan kita harus optimis, Baznas bisa mendorong penguatan ekonomi ummat,” pesan dia. Kegiatan penyetoran dana zakat ke Baznas juga dihadiri Wakil Bupati Sambas, Hj Hairiah SH MH. Bupati dan Wabup secara simbolis melakukan penyetoran dana zakat mereka ke Baznas yang disaksikan langsung Ketua Baznas Kab Sambas H Ilhamsyah.

Wabup Sambas, Hairiah, juga mengungkapkan hal yang senada dengan Bupati. Dia meyakinkan ummat muslim kab sambas tidak ragu-ragu melakukan penyetoran zakat ke Baznas. “Insya Allah, Baznas Kab Sambas lebih memahami dan lebih tepat sasaran dalam menyampaikan amanah zakat ummat kepada yang berhak,” ujar Wabup.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 74 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: