www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Forum LLAJ Gelar Rakor

E-mail Cetak PDF
rakor lalinForum Lalu Lintas Angkutan Jalan menggelar rapat koordinasi di Ruang Pertemuan Dinas Perhubungan Kab Sambas, Kamis (5/4). Rakor dipimpin langsung Kadis Perhubungan Kab Sambas, H Fery Madagaskar didampingi Sekretaris Dinas Perhubungan H Indra Gunawan.

Mayoritas rakor diikuti dari pemangku kepentingan lalu lintas seperti aparatur dari Dinas Perhubungan Sambas, Polisi Satuan Lalu Lintas Polres Sambas, Polisi Airud Polda Kalbar, Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kab Sambas, Bagian Hukum Setda Kab Sambas, Dinas PU PR, dan Bappeda Kab Sambas.

Dalam rakor itu, dibahas isu sentral terkait lalu lintas angkutan jalan. Diantaranya maraknya penggunaan knalpot racing, lampu blitz atau lampu stobow warna biru atau warna lain yang menyerupai lampu kendaraan patroli pengawalan Polri ataupun lampu yang sinarnya mengganggu pandangan pengemudi lain terutama di malam hari.

Stakeholder rakor juga membahas jadwal pengoperasian pos pantau kawasan tertib lalu lintas yang sudah dibangun Pemerintah Daerah. Isu lainnya termasuk persiapan sosialisasi rambu-rambu lalu lintas terutama rambu-rambu larangan kendaraan tertentu melintasi jalur padat.

Isu yang alot dibahas yakni upaya mengurai kemacetan arus lalu lintas dititik jembatan kota sambas. Peserta rakor terus mencari formula yang terbaik dalam merekayasa arus lalu lintas untuk kendaraan truk pengangkut barang atau kendaraan roda enam keatas.

Kadis Perhubungan, Fery Madagaskar mengungkapkan, hasil dari rakor ini segera akan dilaporkan ke Bupati Sambas. Kata dia orang nomor satu Kab Sambas memberikan perhatian khusus pada tertibnya penggunaan jalur lalu lintas di kab sambas. “Banyak hal yang menjadi perhatian kita, mengapa sesegera munkin untuk melakukan rekayasa arus lalu lintas terutama untuk jenis kendaraan tertentu nantinya. Ini tidak hanya berbicara mengenai upaya mengurai kemacetan dijam tertentu. Tetapi ada kaitannya menjaga keamanan fisik dua jembatan tua kota sambas,” ujar dia.

Hasil dari Rakor itu, ungkapnya, telah dibahas dengan matang. Dia menyebutkan, guna mengatasi isu-isu sentral lalu lintas angkutan jalan itu, dibagi dengan tahap jangka pendek, menengah, dan panjang. Balapan liar juga menjadi perhatian dalam rakor tersebut. “Masalah lalu lintas ini, kita menghimbau dan mengharapkan seluruh lapisan masyarakat agar patuh dan taat dalam berkendara. Para orang tua kita harapkan bijak dalam memberikan izin penggunaan sepeda motor, terutama bagi anak-anak dibawah umur. Mari kita berikan perhatian serius agar tercipta kondisi lalu lintas yang nyaman bagi semua pengguna,” himbau Kadis Perhubungan.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 119 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: