www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Bupati Serahkan Bantuan Alsintan

E-mail Cetak PDF
serah bibit pertanianBupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian. Bantuan diserahkan untuk petani melalui gabungan kelompok tani maupun kelompok tani yang telah ditentukan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kab Sambas. Penyerahan dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan Sambas, Kamis (28/6). Selain Bupati, Alsintan juga secara simbolis diserahkan Wakil Bupati, Hj Hairiah SH MH, Sekretaris Daerah Kab Sambas, Drs H Uray Tajudin Msi, Ketua TP PKK Kab Sambas, Hj Lusyanah Kosasih Atbah.

Alat dan mesin pertanian yang diserahkan diantaranya Handtraktor roda 2 sebanyak 25 unit, Handtraktor roda 4 sebanyak 5 unit, Pompa air sebanyak 25 unit, Rice transplanter sebanyak 3 unit. Corn planter sebanyak 10 unit, Hand sprayers sebanyak 20 unit, Combine harvester besar sebanyak 1 unit, Combine harvester sedang 1 unit, Power treser  sebanyak 10 unit, dan Curtivator 3 unit.

Selain Alsintan, ada juga bantuan berupa Bibit jeruk dan pupuk 1100 hektar. Untuk bibit jeruk perhektarnya sekitar 400 batang. Jumlah totalnya yakni 440000 batang. Bantuan tersebut berasal dari APBN dan APBD Provinsi Kalbar. Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc, mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah pusat dan provinsi atas bantuan yang telah dipercayakan ke Kab Sambas.

Dia mengingatkan, para penerima bantuan juga harus memaksimalkan bantuan tersebut. “Syukuri bantuan ini. Manfaatkan dengan baik. Jangan malah menjadi masalah dikedepan harinya,” ujar dia. Atbah mewanti-wanti agar penggunaan terutama bantuan yang diperuntukkan secara kelompok, tidak menghadirkan konflik. Kata dia, beberapa moment bantuan, sering terjadi komunikasi yang tidak baik sehingga bantuan alat tidak dipergunakan sebagaimana mestinya.

“Jika terjadi kerusakan, silahkan sampaikan ke dinas terkait atau dikonsultasikan perbaikannya ke ahlinya. Bantuan ini harus bisa meningkatkan produktifitas pertanian kita,” pesan Bupati. Atbah mengingatkan agar sektor pertanian juga mendapat perhatian kalangan muda. Selama ini sebut dia, pertanian masih didominasi generasi lanjut usia. Atbah juga mengungkapkan fakta pertanian di Negeri Jepang. “Di jepang, mereka tidak lagi berbicara kuantitas, tetapi kualitas produksi pertanian, dan petani disana, kehidupan ekonominya makmur-makmur,” papar dia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 25 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: