www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Desa Sei Serabek Maju Dengan BUM Desa Mandiri dan Berdaya

E-mail Cetak PDF
bupati tinjauDesa Sei Serabek, Kecamatan Teluk Keramat, telah ditetapkan sebagai desa model pemberdayaan badan usaha milik desa mandiri dan berdaya di Kab Sambas. Dijelaskan Kadis Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, H Asmani, Kab Sambas telah menindaklanjuti Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan dan Pembubaran BUM Desa.

Tindak lanjut itu berupa penerbitan Peraturan Bupati Sambas Nomor 33 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan BUM Desa Di Kab Sambas. “Bupati juga telah menerbitkan Surat Keputusan Bupati Sambas Nomor 356/DINSOSPMD/2018 tentang Penetapan Desa Sungai Serabek Kecamatan Teluk Keramat Kab Sambas sebagai Desa Model Pemberdayaan BUM Desa Mandiri dan Berdaya di Kab Sambas,” ujar dia.

Penerbitan 2 regulasi diatas, terang Asmani guna menjawab dan mengatur penyelenggaraan BUM Desa di Kab Sambas. Kata dia, sangat penting hadirnya BUM Desa yang efektif, efisien dan akuntabel. “Harapan kita BUM Desa Kab Sambas yang terbentuk dapat beroperasional dan berkinerja dengan baik serta memberikan peningkatan terhadap peningkatan pendapatan asli desa dan kesejahteraan masyarakat desa,” tutur dia.

Dipaparkan dia, model pemberdayaan BUM desa mandiri dan berdaya adalah model pemberdayaan yang bersinergi dengan lembaga ekonomi desa lainnya. Misalnya terang dia kelompok usaha pemuda produktif, gabungan kelompok tani, kelompok usaha bersama, usaha simpan pinjam perempuan, usaha ekonomi perempuan, usaha ekonomi produktif, maupun kelompok-kelompok lainnya.

“Harapannya kita ingin pengembangan model pemberdayaan BUM Desa ini secara mandiri dan berdaya dapat memberikan multiplier effect atau dampak positif yang berkesinambungan merata bagi kemajuan desa dan masyarakat dalam bidang ekonomi,” Jelas Asmani. Tujuannya ungkap Kadis Sos PMD ini, untuk mengoptimalkan peran dan fungsi BUM Desa dalam menggerakan perekonomian di desa sesuai dengan potensi desa dan membuka peluang memperluas jenis dan jejaring mitra usaha.

Tujuan kedua yang ingin dicapai papar Asmani adalah mensinergikan antar lembaga ekonomi di desa melalui kemitraan atau kerjasama yang saling menguntungkan. Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc, saat menghadiri pencanangan model pemberdayaan BUM Desa Mandiri dan Berdaya di SDN 37 Dungun Condong Desa Sei Serabek Kec Teluk Keramat, Senin (2/7) mengatakan, pemberdayaan itu harus menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Minimal kita menginginkan, model pemberdayaan yang dibangun dapat meningkatkan pendapatan asli desa. Lebih baik lagi jika mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa yang dapat berdampak pada penurunan tingkat angka kemiskinan,” ujar Bupati Sambas. Atbah yakin, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menyusun model pemberdayaan yang strategis untuk meningkatkan pendapatan asli desa dan membuka lapangan usaha baru.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 55 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: